Mahakama.co.id – Para peneliti dari Nanyang Technology University (NTU) di Singapura berhasil menciptakan kecoak cyborg hanya dalam waktu kurang dari 68 detik menggunakan metode perakitan otomatis yang disebut “Cyborg Insect Factory.”
Kecoak cyborg ini diciptakan dengan menanamkan sistem sirkuit elektronik ke dalam tubuh kecoak hidup. Meskipun terdengar mengerikan, kecoak cyborg ini sangat bermanfaat, terutama untuk misi pencarian dan penyelamatan korban bencana yang tertimpa reruntuhan bangunan.
Proyek NTU berfokus pada cara membuat kecoak cyborg dalam jumlah besar dengan cepat dan efisien untuk mendukung operasi pencarian dan penyelamatan. Peneliti NTU berhasil menciptakan sistem otomatis yang melengkapi kecoak dengan ransel elektroda mini dan microchip, memungkinkan kecoak cyborg ini dikendalikan dari jarak jauh.
Kemampuan Kecoak Cyborg dalam Uji Coba
Selama uji coba, kecoak cyborg terbukti dapat bekerja dengan baik, melaksanakan berbagai perintah, seperti memutar, memanjat dinding, memperlambat gerakan, dan menavigasi lingkungan dengan baik dalam tes ringan. Penelitian NTU menunjukkan bahwa hanya butuh 68 detik untuk mengubah kecoak menjadi cyborg, membuka kemungkinan untuk produksi kecoak robotik dalam skala besar di masa depan.
Potensi Penggunaan di Masa Depan
Kecoak yang digunakan adalah kecoak Madagaskar (Gromphadorhina portentosa), yang terkenal karena suaranya yang berisik. Kecoak ini juga dikenal memiliki umur panjang, rata-rata antara dua hingga lima tahun, menjadikannya kandidat ideal untuk digunakan dalam aplikasi robotika, termasuk pencarian korban bencana dan kemungkinan penggunaan di bidang militer.
Kemajuan dalam Teknologi Robot Hibrida Serangga-Komputer

Menurut para peneliti, robot hibrida serangga-komputer memiliki potensi besar untuk menjelajahi medan yang kompleks dan memperbaiki aplikasi robotika. Strategi perakitan otomatis yang diusulkan mempercepat waktu persiapan untuk robot ini, sambil mempertahankan kontrol presisi, menjadikannya dasar untuk produksi dan penerapan yang dapat diskalakan dalam aplikasi dunia nyata. (net/ra)